Selasa, 03 Mei 2011

Mari Kita Mulai

PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ILMU SEJARAH
1. Pengertian Sejarah
Secara etimologi kata sejarah berasal dari bahasa Arab syajarotun yang berarti pohon. Kata ini kemudian berkembang menjadi akar, asal-usul, riwayat, dan silsilah. Dalam bahasa Inggris kata sejarah disebut dengan history, yang berasal dari bahasa Yunani istoria yang berarti ilmu. Dalam bahasa Jerman kata sejarah disebut dengan geschichte yang berarti sesuatu yang terjadi. Kata sejarah diserap ke dalam bahasa Melayu pada abad ke-13 M. Dalam bahasa Arab, terdapat ilmu yang  mempelajari kisah-kisah pada masa lampau yang disebut denga tarikh.
Pengertian Sejarah menurut beberapa ahli :
1. Herodotus (484-425 SM)
“Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia”.  Herodotus merupakan sejarawan pertama berkebangsaan Yunani. Herodotus disebut The Father of History atau Bapak Ilmu Sejarah.
2. Ibnu Khaldun (1332-1406)
“Catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu”. (Dalam bukunya berjudul Mukadimah).
3. W.J.S. Poerwadarminta
Mengutarakan 3 pengertian sejarah (Kamus Besar Bahasa Indonesia), yaitu :
1. Kesusastraan lama, asal-usul dan silsilah
2. Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau
3.Ilmu pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
4. R. Moh. Ali
Dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah, memberikan pengertian sejarah sebagai berikut :
1. Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan sekitar kita.
2. Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas tersebut
3. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa yang merupakan realitas tersebut.
Secara Umum sejarah mengandung pengertian sebagai :
a. Sejarah sebagai Peristiwa
b. Sejarah sebagai Cerita
c. Sejarah sebagai Ilmu.

Buku Sumber : Sejarah Kelas X, Prof. Dr. M. Habib Mustopo dkk, Yudhistira

Itulah pengertian sejarah yang ada di buku pelajaran kelas 1 SMA atau kelas X. Sejarah merupakan mata pelajaran favorit saya sewaktu sekolah dulu. Mungkin belajar sejarah tidak seperti belajar matematika yang selalu pasti dan harus seperti itu. Tapi sejarah itu bagaikan bangun ruang 3 Dimensi yang akan nampak berbeda jika dilihat dari arah yang berlainan. Mungkin apa yang kita pelajari di sekolah kita hanya memandang sejarah hanya dari satu sisi tanpa kita tahu kalau dilihat dari sisi yang lain (pengalam pribadi sewaktu saya sekolah dulu).

Satu hal lain yang menarik dari mempelajari sejarah kita akan bermain dengan alam imajinasi kita menuju ruang dan waktu yang berbeda. Kita akan meninterpetasikan apa yang kita baca sesuai apa yang kita imajinasikan dan pastilah berbeda dengan orang lain.

Saya bukan seorang ahli sejarah bukan juga sarjana sejarah. Saya hanya orang yang kebetulan dari jamannya sekolah tertarik dengan pelajaran sejarh dan sampai saat ini juga masih tertarik membaca artikel-artikel tentang sejarah. Mungkin dalam tulisan-tulisan saya akan mengacu pada mata pelajaran sejarah di SMA yang memang secara waktu sudah mengurut. Di sini saya akan memaparkan dahulu berdasarkan versi resmi yang menjadi kurikulum dari sekolah dan setelah itu kita coba membandingkan dengan versi lain. Seperti yang saya bilang dari awal bahwa sejarah akan nampak berbeda jika dipandang dari sisi yang lain. Di sini juga saya akan mencoba memberikan juga sudut pandang. Namun sudut pandang saya tersebut bukanlah kebenaran yang absolut karena saya juga memandang secara subjektif.

Yah, intinya kita sama-sama belajar, saya hanya mencoba menuangkan pemikiran saya tentang sejarah dan tentunya masih banyak pemikiran-pemikiran lain tentang sejarah.  

Posting lainnya...