Senin, 25 April 2011

Jenis Mancing Ikan Mas

Mungkin belum lama saya terjun di dunia pemancingan, khususnya mancing ikan mas. Namun setidaknya ada sedikit pengetahuan (mungkin orang lain lebih tahu) yang akan saya bagi.
Yang akan saya bicarakan di sini adalah mengenai jenis-jenis kolam pemancingan ikan mas yang ada di daerah bandung dan sekitarnya.
  • Mancing Kilo Gebrus 
Mungkin ini yang paling umum di Bandung saat ini. Aturannya gampang, setiap pemancing memasukan ikan (melak kalau bahasa sunda) dalam jumlah yang sama yang telah disepakati sebelum mulai memancing. Tak ada hadiah yang diperebutkan di sini hanya memperebutkan jumlah ikan dan biasanya ikan yang didapat itu bisa dijual lagi di empang itu juga. Kelebihan mancing kilo gebrus ini adalah kita bisa terkontrol dalam pengeluaran uang dan benar-benar ternikmati refreshingnya.


  • Galatama
Sistem mancing galatama merupakan sebuah kompetisi. Biasanya panitia mematok harga pendaftaran dan disertakan hadiah bagi pemenangnya. Hadiah biasanya dibagi menjadi beberapa kategori, kategori ikan terbanyak, indukan, dan ikan mas merah. Biasanya galatamaan diikuti oleh orang-orang yang sudah profesional dan benar-benar kecandua dengan memancing. Kekurangan mancing ini adalah kurangnya nilai refreshing karena lebih mengutamakan persaingan dan apabila kita kalah bisa malah tambah menjadi stress. Selain itu pengeluaran kita pun lebih tinggi karena untuk bisa bersaing kita harus menyewa kedi dan menggunakan umpan yang mahal pula.


  • Kilo Angkat
Empang sudah terisi ikan dan kita bebas memacingnya, kita hanya membayar apa yang kita dapat tersebut. Biasanya pemancingan kilo angkat ini banyak dinikmati oleh keluarga yang sedang refreshing karena tidak sembarang empang menyediakan pemancingan seperti ini dan biasanya juga selain empang terdapat rumah makan atau tempat rekreasi lainnya. Kekurangan mancing ini mungkin kita terlena dan terpaksa harus membeli ikan tersebut yang melebihi badget kita. Biasanya juga harga ikan (per kilo) di empang ini lebih mahal daripada harga ikan pada umunya. Namun jenis pemancingan ini sangat cocok untuk pemancing pemula atau yang masih belajar.


  • Gaplehan
Gaplehan kalau menurut saya tuh seperti gabungan atau kolaborasi kilo gebrus dan kilo angkat. Empang sudah terisi ikan, sebelum mancing biasanya sudah disepakati jumlah pemancing dan lama memancingnya. Namun sistem pembayarannya bukan per individual tapi total ikan yang didapat semua pemancing dijumlahkan semua dan untuk membayarnya dibagi rata dari jumlah total ikan tadi.



Mungkin itu beberapa jenis-jenis pemancingan yang saya tahu. Mungkin masih terdapat lagi varian yang lainnya. Mungkin masih banyak kekurang dan kesalahan, tapi ya sama-sama lah kita saling koreksi.



:)

2 komentar:

  1. Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

    BalasHapus
  2. Thanks for sharing. I hope it will be helpful for too many people that are searching for this topic. Keep posting and keep this forum a great place to learn things.

    BalasHapus

Komentnya donk...

Posting lainnya...